Tutorial Membuat Bot Telegram dengan Botfather

98 Tampilan
0
Telegram Botfather

Sebelum kita membahas cara membuat bot telegram dengan Botfather, kita pahami dulu apasih bot itu?

Pengertian Bot

Bot adalah suatu program komputer yang dijalankan untuk melakukan beberapa pekerjaan otomatis, seperti menjawab pesan secara otomatis. Akhir-akhir ini Bot Telegram mulai populer dipergunakan. Seiring Messenger Telegram yang mulai diinstall banyak orang dan dipergunakan untuk percakapan sehari-hari, walaupun Telegram belum sepopuler Whatsapp, BBM, maupun Line.

Sebenarnya untuk membuat bot telegram tidak harus menjadi developer, karena saat ini sudah tersedia bot creator yang memudahkan kita untuk membuat bot secara instan tanpa perlu koding.

Bot creator yang paling terkenal adalah @manybot dan @chatfuelbot. Dengan segala kekurangan dan kelebihan, tentu bot instan tersebut dapat kita manfaatkan atau malah justru kita tinggalkan karena tak mampu mengcover kebutuhan kita.

Namun, pada sesi ini, kita benar-benar akan membuat bot bukan dengan bot creator. Melainkan secara real, yakni dari langkah awal sampai tahap developing.

Untuk mendevelop bot telegram, tentu saja sangat direkomendasikan menggunakan PC atau Laptop. Sedangkan yang menggunakan handphone, sebaiknya mulai menyalakaan laptopnya dari sekarang 🙂

Pada tutorial kali ini, akan disajikan screenshot yang diambil dari telegram versi dekstop. Secara tampilan sedikit ada perbedaan dengan versi mobile. Namun, tidak berubah terlalu signifikan.

Langkah-langkah membuat Bot Telegram dengan BotFather

Ada 2 tahap yang harus dilakukan :

  1. Mendaftarkan Bot ke Official Telegram Botfather, atau bisa langsung search @BotFather di aplikasi.
  2. Membuat engine bot kita, agar berfungsi melaksanakan tugas sesuai yang kita mau, dalam hal ini kita menggunakan PHP sebagai service dan phpMyadmin untuk databasenya. 

Mendaftarkan bot melalui Official Telegram Bot @BotFather.

Telegram Botfather
cahtekno.com

Ada 3 hal yang harus dilakukan :

  1. Mengisikan Nama Bot.
  2. Mengisikan Username Bot. (unik tidak boleh ada sebelumnya)
  3. Mendapatkan Token Bot yang akan diberikan oleh Bot Father sebagai kata kunci akses kita nanti untuk mengendalikan bot.
  • Ketikkan /newbot di @BotFather, lalu isikan nama Bot dan Username Bot. Setelah berhasil mengisikan namaBot sama UsernameBot kita akan mendapatkan Token Botnya.
Telegram Botfather
cahtekno.com

Nah, yang terpenting disini adalah tokennya, yakni :
783181254:AAG0PZUC34DpkePsINNKgdnL99qYFe382BE
Dimana token tersebut memuat angka botID nya, yakni : 
783181254. Token ini tidak boleh disebar supaya orang lain tidak mengambil alih bot yang sudah kita buat.

  • Setelah bot jadi maka langkah selanjutnya adalah kita mulai untuk membuka bot yang sudah kita buat tadi dengan memilih url usernamebot yang sudah dibuat.
Telegram Botfather
cahtekno.com
  • Ketika akan memulai chat, bakalan ada perintah /start untuk memulai pemakaian botnya. Bot tidak akan merespon apapun yang kita inputkan, karena kita belum menulis source code yang di sambungkan dengan token bot yang kita buat. Maka dari itu kita perlu membuat source codenya.

Sementara segini dulu artikel cara membuat bot telegramnya, untuk artikel program PHP nya kamu bisa baca di Buat Bot Telegram PHP Metode Webhook dengan Koneksi Database. Semoga bermanfaat yah!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *