GadgetsLife Style

Tips Membeli Handphone Android Bekas

Smartphone kini menjadi kebutuhan primer setiap orang, terlebih bagi kita yang kini hidup di era milenial. Mau tidak mau, kita harus mengikuti perkembangan zaman. Segala informasi, pertukaran data, komunikasi, hingga pembelian suatu produk pun dapat dilakukan hanya dengan satu genggaman. Sayangnya, smartphone pun masih terbilang mahal jika menginginkan spesifikasi yang baik dan performa tinggi. Oleh karena itu, membeli smartphone bekas atau second dapat menjadi solusi mengatasi mahalnya harga sehingga perlu tahu tips membeli handphone android bekas

Membeli smartphone bekas tidak semudah membeli smartphone baru, kamu harus tahu kondisi baik fisik maupun non fisik dari handphone android bekas yang akan kamu beli.

Berikut ini tips dan trik membeli handphone smartphone android bekas yang harus diketahui sebelum membeli.

Cek Kondisi Fisik dan Lakukan Test terhadap Fiturnya

Meskipun bekas, jangan pernah mengabaikan kondisi fisik dari handphone atau smartphone yang akan kamu beli. Jika body handphone tergores atau ada lecet sedikit, putuskan untuk tidak membelinya. Selain itu, lakukan test terhadap fitur dari handphone bekas yang akan kamu beli. Pastikan masih berfungsi dengan baik, kamera, audio, tombol power yang masih nyaman, konektivitas, responsivitas layar, dan fitur lainnya.

Cek Nomor IMEI

Melakukan pengecekan terhadap nomor IMEI sangat penting. Hal ini agar smartphone bekas yang akan dibeli terjamin keasliannya. Untuk cara mengecek nomor IMEI, kamu bisa ketikkan *#06#, nanti nomor IMEI akan muncul secara otomatis. Setalah IMEI sudah terlihat lalu kunjungi situs Kementerian Perindustrian Republik Indonesia untuk memastikan handphone atau smartphone bekas yang ingin kamu beli tidak termasuk barang ilegal atau blackmarket.

Cari Barang yang masih Bergaransi

Tips membeli smartphone android bekas selanjutnya adalah carilah barang yang masih bergaransi. Lebih baik jika garansinya masih lama dan baru pakai selama beberapa bulan. Kalau susah mencari smartphone bekas yang bergaransi, carilah yang masa habis garansinya baru. Jadi, bukan handphone yang sudah 2 atau 3 tahun dipakai.

Beli Barang BNOB (Brand New Open Box)

Selanjutnya untuk tips membeli smartphone android bekas adalah dengan membeli BNOB. BNOB maksudnya barang baru, tapi sudah buka segel kotak dus. Biasanya, ini terjadi pada mereka yang salah membeli handphone. Harga lebih murah dari barang baru, tapi kamu mendapatkan smartphone dengan kondisi baru.

Baca Juga:  Senjata Terbaik PUBG Mobile Para Pro Player!

Lakukan Factory Reset di Awal

Setelah yakin membeli, lakukanlah Factory Reset di awal, supaya smartphone yang kamu beli bersih dari virus dan malware, tidak lemot, dan terasa ringan seperti baru.

Itulah tips dan trik sebelum membeli smartphone android bekas supaya tidak menyesal. Yang terpenting, cek dengan teliti sebelum membeli.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button