Perbedaan SSD dan HDD Pada Laptop atau Pc!!

136 Tampilan
0
perbedaan-ssd-dan-hdd

Bagi pengguna pc/laptop pastinya sudah familiar dengan kedua drive penyimpanan ini, yaitu SSD dan HDD. Tetapi sepertinya masih banyak diantara mereka masih belum mengerti letak perbedaan dari kedua device  yang sama-sama berfungsi sebagai media penyimpanan pada sistem komputer ini. Disini cahtekno akan membahas secara lengkap letak perbedaan pada SSD dan HDD. Sebelum melangkah lebih jauh kamu harus tahu dulu apa itu SSD dan HDD.

Apa Itu SSD ?

Solid State Drive atau yang lebih dikenal dengan SSD adalah media penyimpanan data yang menggunakan nonvolatile memory (memori tak gabar) sebagai media, dan tidak menggunakan piringan magnetis seperti harddisk biasanya. Berbeda dengan RAM (Random Access Memory) yang menggunakan volatile memory (memori gabar), data yang tersimpan pada SSD tidak akan hilang meskipun tidak ada daya listrik.

apa yang dimaksud volatile memory?

Merupakan memory yang datanya dapat ditulis dandihapus, tetapi akan hilang ketika tidak ada catu daya listrik.

Proyek SSD (Solid State Drive) sebenarnya sudah di kerjakan sejak akhir tahun 1960-an hingga awal 1970-an, tetapi tingginya harga yang harus dikeluarkan, drive ini tidak diproduksi secara masal dan hanya dibuat untuk komputer super yang dimiliki IBM yaitu Amdahl dan Cray.

dan HDD?

Nah untuk perangkat yang satu ini tentunya sobat cahtekno sudah sering mendengar atau bahkan menggunakannya. Harddisk Drive yang disingkat HDD ini merupakan media penyimpanan yang paling banyak digunakan pada perangkat laptop/pc dikarenakan harganya yang lebih bersahabat dibandingkn dengan SSD. Pada dasarnya Hardisk adalah penyimanan data yang menggunakan nonvolatile memory dan menggunakan piringan metal dengan lapisan magnet sebagai tempat untuk menyimpan data.

HDD (Harddisk Drive) ditemukan pada tahun 1956 sebagai media penyimpanan pengolah transaksi IBM, saat itu harddisk termasuk barang langka dan dianggap perangkat tambahan yang sangat mahal. Namun pada akhir tahun 1980-an harga nya dapat ditekan sehingga dapat menjadi perlengkapan pada komputer pribadi berharga murah.

Perbedaan SSD dan HDD ?

perbedaan-ssd-dan-hdd

Perbedaan yang paling signifikan dari kedua jenis media penyimpanan ini adalah kecepatan, dan harga yang ditawarkan. SSD jauh lebih cepat dalam pemrosesan data, seperti transfer data, ataupun pencarian data. Tetapi dengan performa yang tinggi seperti itu SSD dipatok dengan harga yang cukup tinggi jauh lebih mahal dari pada HDD.

Selain 2 perbadaan diatas, sebenarnya banyak lagi yang membedakan kedua media penyimpanan ini dintaranya bisa kamu lihat pada tabel perbedaan SSD dan HDD dibawah ini.

AttributSDD (Solid State Drive)
HDD Harddisk Drive)
HargaMahal, Tergantung pada kapasitas.
Lebih murah
KapasitasBiasanya tidak lebih dari 1TB untuk laptop, maksimal 4TB untuk pc
Biasanya 500GB-1TB untuk laptop, dan 10TB maksimal di pc
Waktu booting
Sekitar 10-13 detik waktu rata-rata yang dibutuhkan
Sekitar 30-40 detik waktu bootup yang dibutuhkan
Kecepatan penulisan / copy data
Umumnya di atas 200 MB / s dan 550 MB / s untuk merk terdepanRentangnya bisa berkisar antara 50 – 120MB / s
Kecepatan membuka file
Hingga 30% lebih cepat dari HDDLebih lambat dari SSD
KebisinganTidak menghasilakan suara sama sekali
Suara ditimbukan oleh piringan (cakram) yang sedang berputar
Dampak magnetis?
SSD aman dari segala efek magnet
Efek magnetis dapat menghapus data

Sudah jelaskan ya perbedaan kedua device tersebut. Sekian ulasan singkat dari cahtekno Semoga bermanfat dan menambah referensi kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *