Java Identifier, Keyword and Tipe Data

73 Tampilan
0
Identifier, Keyword and Tipe Data

Pada dasarnya aplikasi java adalah kumpulan class-class yang saling berhubungan satu sama lain dengan cara mengeksekusi method dari class lain dan mengirim pesan dengan memasukkan parameter kedalam method. Setelah mengetahui pengertian algoritma, flowchart dan pseudocode yang merupakan 3 elemen dasar pemrograman, maka pada kesempatan ini kita akan belajar mengenai identifier dalam java, keyword serta tipe data.

Pemrograman komputer tidak lepas dari penggunaan memory komputer untuk menyimpan data. Dalam setiap bahasa pemrograman, setiap data yang disimpan dan yang digunakan harus didefinisikan, dan tempat untuk menyimpan suatu data harus dideklarasikan terlebih dahulu. Tempat untuk menyimpan data di memory komputer disebut dengan Variabel. Variabel sendiri merupakan container yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai pada sebuah program dengan tipe tertentu. Untuk mendefinisikan variabel, kita dapat menamai variabel tersebut menggunakan identifier.

Identifier & Keyword

Identifier sendiri adalah nama-nama yang bisa dideklarasikan dalam java tetapi bukan bagian keyword java. Jadi, identifiers tidak boleh menggunakan keyword atau kata-kata yang memiliki arti yang digunakan dalam pemrograman java.

Berikut daftar Keyword Java yang bukan termasuk identifiers :

Identifier, Keyword and Tipe Data

Adapun yang termasuk dalam identifiers antara lain :

  1. class,
  2. interface,
  3. variable/property,
  4. dan method

Pendeklarasian variabel merupakan keahlian tersendiri dalam teknik pemrograman. Pengetahuan structure data mutlak diperlukan untuk mengetahui bagaimana berbagai macam jenis data disimpan dan diakses.

Ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam pendeklarasian suatu variabel, yaitu :

  1. Penamaan variabel
  2. Type variabel
  3. dan pemanggilan variabel

Pemberian nama variabel mengikuti beberapa aturan sebagai berikut :

  1. Nama variabel merupakan huruf atau gabungan antara huruf dan angka. Tetapi tidak boleh meletakkan angka pada awal variabel. Contoh penulisan variabel : nilai, ujian08, m23.
  2. Nama variabel tidak boleh mengandung symbol.
    Seperti : ?, &, %, @ . $, dsb.
  3. Bila nama variabel lebih dari satu suku kata seperti nama mahasiswa maka ditulis gabung menjadi nama_mahasiswa, dengan mengganti spasi  menjadi “ _” (under score).
  4. Lebih dianjurkan memberi nama variabel sesuai dengan nama fungsi dari variabel tersebut dan tidak menyingkatnya dengan variabel yang pendek.
    Contoh : tot untuk total, jum untuk jumlah.

Format penamaan variabel :

  1. Diawali dengan huruf kecil.
  2. Jika nama variabel lebih dari satu kata, kata ke- 2,3,… dst, harus diawali dengan huruf capital dan ditulis menyatu.

Tipe Data

Dalam penyimpanan suatu data di memory (variable) harus memiliki type sesuai dengan data yang akan disimpan, dengan aturan seperti yang terlihat pada gambar :

Identifier, Keyword and Tipe Data

Secara umum ada 3 (tiga) bentuk data :

  1. Numerik
    Numerik adalah data yang berbentuk angka atau bilangan. Numerik sendiri terbagi menjadi 2 (dua) kategori :
    1. Bilangan bulat (integer), bilangan yang tidak mengandung pecahan
    2. Bilangan pecahan (float), bilangan yang mengandung pecahan
  2. Karakter
    Karakter adalah data yang berbentuk karakter atau deretan karakter dengan kategori karakter tunggal dan deretan karakter.
  3. Logika
    Logika adalah type data dengan nilai benar (True) atau salah (False)

Contoh deklarasi variabel dalam java :

int x;
char y;

Penjelasan ==> contoh diatas adalah pendeklarasian dua variabel (x dan y) dengan tipe yang berbeda.

variabel x bertipe integer dan variabel y bertipe character.

Dalam program java proses pemberian nilai ke sebuah variabel dapat dilakukan dengan memberikan nilai pada saat program dibuat, dimana variabel diberi nilai dengan menuliskan langsung didalam kode program pada saat variabel tersebut dideklarasikan.
Contoh :

int bilanganBulat = 30;
char huruf = 'B';

Penjelasan :

  1. Variabel bilanganBulat menggunakan tipe data integer dengan nilai 30. Pemberian nilai dilakukan setelah pendeklarasian variabel dikasih tanda sama dengan (=).
  2. Variabel huruf menggunakan tipe char dengan nilai ‘B’. Sama seperti penjelasan di contoh pertama, pemberian nilai pada sebuah variabel dikasih tanda sama dengan (=) setelah pendeklarasian variabel, namun ada yang berbeda disini, jika pada tipe integer untuk pemberian nilainya langsung ditulis dengan bentuk numerik tanpa tanda apa-apa, tetapi tidak dengan type char. Pada type char, untuk pemberian nilainya harus berbentuk karakter/huruf dan dikurung dengan single quote (‘ ‘).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *