DSLR atau Mirrorless | Lebih Bagus Mana?

176 Tampilan
1
DSLR atau Mirrorless

DSLR atau Mirrorless?. Mana yang lebih bagus antara kamera DSLR dan Mirrorless? sekarang Cahtekno akan mengulas sedikit tentang dua tipe kamera ini. Pada dua tipe kamera ini memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri. Sehingga jawaban dari pertanyaan “pilih yang mana?” jawabannya tergantung kebutuhan Anda.

Mungkin dulu perbedaan mencolok dari dua tipe kamera tersebut terletak di tiga hal : kualitas, ukuran, dan harga. Apabila membutuhkan kamera untuk mendapatkan foto dengan kualitas yang bagus, tidak memandang ukuran kamera besar juga berat, dan pastinya juga tidak ada masalah dengan harga yang biasanya DSLR cenderung mahal.

Dengan perkembangan teknologi, tiga faktor itu sudah tidak lagi relevan. Kamera mirrorless sudah dapat menghasilkan foto dengan kualitas gambar yang tidak kalah dari DSLR.

Sekarang juga banyak yang bertipe Mirrorless Interchangeable-Lens Camera (MILC), atau yang biasa kita sebut kamera mirrorless yang bisa ganti lensa. Sehingga sama seperti DSLR. Mungkin faktor ukuran masih jadi hal yang relevan, kebanyakan DSLR masih berukuran besar dan berat. DSLR yang berukuran paling kecil pun masih sedikit lebih berat dari MILC.

Untuk faktor harga, keduanya sudah bersaing. Lantas mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda? nah untuk menjawab pertanyaan itu mungkin sepertinya Anda harus sedikit mengerti tentang perbedaan DSLR dan Mirrorless.

Perbedaan DSLR dan Mirrorless

DSLR merupakan kepanjangan dari Digital Single-lens Reflects. Kamera ini menggunakan cermin yang diletakkan di depan sensor gambar untuk memantulkan apa yang akan ditangkap oleh sensor ketika tombol rana (shutter) ditekan. Karena itu, pengguna dapat mengintip apa yang akan ditangkap oleh sensor melalui jendela bidik (view vender).

Mirrorless, yang sesuai arti harfiahnya tanpa cermin, lensa yang langsung mengarah ke sensor. Jadi yang dilihat oleh pengguna di layar adalah gambar yang telah ditangkap oleh sensor kamera, dan ditampilkan di layar. 

Mirrorless sekarang juga sudah banyak yang memiliki jendela bidik. Namun jendela bidik tersebut bukanlah cermin, melainkan layar dalam ukuran kecil. Sedangkan untuk DSLR yang menggunakan mode live view di mana gambar ditampilkan pada layar, pada mode ini fungsi cerminnya dinonaktifkan dan secara prinsip kamera tersebut berubah menjadi mirrorless.

Jadi pilih DSLR atau Mirrorless?

Apabila Anda tipe orang yang suka mengambil puluhan sampai ratusan foto dalam satu sesi pemotretan, sebaiknya anda menggunakan kamera DSLR. Kenapa?, karena hasrat fotografi anda tidak akan terpuaskan apabila hanya menggunakan mirrorless.

Apabila anda tidak sebegitu antusiasnya untuk mengambil foto, tipe yang cocok untuk anda adalah mirrorless. Kenapa?, karena dipastikan anda akan merasa keberatan untuk membawa-bawa kamera DSLR yang berat dan besar itu kemana-mana, benar bukan?. Kalau masih bingung untuk mencari kamera mirrorless yang sesuai dengan isi dompet, anda bisa langsung membaca postingan sebelumnya tentang rekomendasi 3 Kamera mirrorless dibawah 3 jutaan.

Tapi semua itu tergantung sama prioritas anda dan kebiasaan anda menggunakan kamera tersebut.

Semoga bermanfaat dan bisa membantu bagi teman-teman pemula yang lagi berkecimpung dengan kamera, salam sobat cahtekno… 🙂

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *