Belajar dan Mengenal HTML (Hypertext Markup Language)

50 Tampilan
0

Belajar dan Mengenal HTML – Banyak orang yang bergelut dalam bidang web development, awalnya tidak melewati pembelajaran HTML terlebih dahulu, sebagian besar menggunakan CMS (Content Management System), atau karena mudah menggunakan software seperti Adobe Dreamweaver. Sehingga dari situlah orang menyangka untuk bisa membuat website dalam web development itu harus menggunakan Adobe Dreamweaver, jadi ngapain harus repot-repot belajar HTML? Sebetulnya penyataan itu tidak benar, dan tidak juga salah.

Orang ketika pertama kali menggunakan Dreamweaver merasakan kesulitan ketika belajar sendiri tanpa bantuan tutorial. Maka dari itu kita harus memiliki basic HTML + CSS yang kuat, sehingga ketika memakai software seperti Adobe Dreamweaver menjadi sangat mudah.

Pengertian HTML & Sejarah Singkat HTML

Hypertext Markup Languange (HTML) adalah bahasa markup yang umum digunakan untuk membuat halaman web. Sebenarnya HTML bukanlah sebuah bahasa pemrograman. Apabila di tinjau dari namanya, HTML merupakan bahasa markup atau penandaan terhadap sebuah dokumen teks. Tanda tersebut digunakan untuk menentukan format atau style dari teks yang di tandai.

HTML dibuat oleh Tim Berners-Lee ketika masih kerja untuk CERN dan dipopulerkan pertama kali oleh browser Mosaic. Selama awal tahun 1990 HTML mengalami perkambangan yang sangat pesat. Sebelum HTML disahkan sebagai suatu dokumen HTML standart, ia harus disetujui oleh W3C untuk dievaluasi secara ketat. Setiap terjadi perkembangan suatu versi HTML, maka dari itu browser pun harus memperbaiki diri agar bisa mendukung kode-kode HTML yang baru tersebut. Sebab jikat tidak browser tidak akan bisa menampilkan HTML tersebut. Inilah versi HTML yang sudah ada diantaranya : HTML versi 1.0, HTML versi 2.0, HTML versi 3.0, HTML versi 4.0 dan HTML versi 5.0.

Fungsi HTML

  • Membuat, mendesain, dan mengontrol tampilan dari Web Page (Halaman Web) dan isinya.
  • Mempublikasikan document secara online sehingga bisa diakses, dilihat dari seluruh dunia.
  • Membuat online form yang bisa digunakan untuk menangani pendaftaran, transaksi secara online.
  • Menambahkan object-object seperti image, audio, video dan juga java applet (aplikasi java seperti game dll) dalam document HTML.

Cukup sampai disini dulu artikel Belajar dan Mengenal HTML, tapi tidak berhenti disini kita masih bisa lanjut ke Belajar Struktur HTML.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *